Kabar Rakosa

SEDANG BERLANGSUNG TALKSHOW KESEHATAN HERBAL BERSAMA KUTUS KUTUS.....

Penyerahan Ambassador Museum DIY 2020 - (Museum Jogja Untuk Indonesia dan Dunia)

Posted by Admin Rabu, 05 Februari 2020 Berita 0 Comments
Penyerahan Ambassador Museum DIY 2020 - (Museum Jogja Untuk Indonesia dan Dunia)

 Museum era saat ini sudah menjadi alternative pariwisata di kota-kota modern. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari identitas kota tersebut, bahkan ideologi suatu bangsa. Dapat dilihat dari kondisi dan situasi sekarang ini museum merupakan representasi dari sebuah kota, bahkan negara. Namun museum harus mampu menghadapi tantangan global di mana kontak antarbudaya tidak dapat dielakkan lagi, karena itu museum harus dapat merubah image bahwa museum itu kuno dan tertinggal menjadi dengan museum yang  terbuka dan menarik dengan tidak membatasi diri dengan mengategorikan museum sebagai kebudayaan material, tetapi harus mampu mengintegrasikan multi disiplin ilmu dalam menampilkan perkembangan dan keterkaitan kebudayaan masyarakat sesuai dengan ekologi dunia. Sehingga museum dapat diminati oleh masyarakat luas, menjadikan sebuah kebutuhan dalam masyarakat dengan tujuan masyarakat dapat terus datang dan kembali lagi ke museum.

 
Peran pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan (Kundha kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam mengembangkan museum dapat dilihat bagaimana museum-museum di Yogyakarta mendapatkan dampak langsung. Sebagaimana dukungan yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha kabudayan) DIY dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh setiap museum, baik itu dukungan yang berwujud fisik maupun non fisik. Salah satunya Duta Museum. Museum membutuhkan promosi dan publikasi positif yang bertujuan untuk lebih mendekatkan museum kepada masyarakat. Bentuk publikasi dan promosi inilah tugas dari seorang Duta Museum.
 
Untuk mewujudkan publikasi dan promosi secara efektif kegiatan setiap museum maka museum diberikan Duta museum yang ditempatkan di museum anggota Badan Musyawarah Musea (Barahmus). Jumlah duta museum yang akan ditempatkan sebagai Ambassador disetiap museum di DIY berjumlah 36. Penyerahan  Ambassador museum ini secara resmi merupakan bagian dari Pemilihan Duta museum DIY 2020. Pemilihan duta museum 2020 ini dilakukan secara bertahap mulai dari proses seleksi mendapatkan 36 besar,10 besar sampai pada mendapatkan  juarai I,II dan III. Finalis duta,useum yang dapat mencapai tahapan 36 besar inilah yang akan di jadikan Ambassador di museum 36 museum anggota (Barahmus). Ambassador museum diharapkan dapat melakukan kegiatan promosi yang terintegrasi, dapat meningkatkan citra positif museum sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke museum, khususnya di DIY.
Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM